HomeRegionalKetum AJI, Abdul Manan: Perlindungan Persma dengan Membangun Jaringan Pers

Ketum AJI, Abdul Manan: Perlindungan Persma dengan Membangun Jaringan Pers

teknokra.com: Perlindungan bagi Pers Mahasiswa (Persma) bisa dibuat melalui penguatan jaringan sesama Persma dan organisasi wartawan seperti AJI (Aliansi Jurnalis Independen). Langkah ini dapat dilakukan guna mengadvokasi jika menghadapi tekanan dari kampus. Hal ini disampaikan Abdul Manan, Ketua AJI Indonesia saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Kamis (26/12).

Ia mengungkapkan menjadi Persma menghadapi tantangan tersendiri karena tidak ada perlindungan yang jelas. “Undang-undang no 40 tahun 1999 tentang pers tak menyebut secara jelas bahwa persma termasuk yang dicakup dalam UU tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan Persma masih dapat menggunakan konstitusi sebagai perlindungan yaitu tentang kebebasan berekspresi. “Namun, persma masih bisa memakai konstitusi sebagai perlindungan, karena pasal soal kebebasan berekspresi diatur di dalamnya,” tambahnya

Chairul Rahman Arif, Pemimpin Umum UKPM Teknokra menyayangkan masih banyak intervensi yang dilakukan pihak kampus kepada Persma. “Harusnya pihak birokrat kampus lebih bijak menghadapi kritikan yang diberitakan Persma, lihat hal itu sebagai bentuk kepedulian Persma terhadap kampusnya sendiri,” ujarnya.

Ia menambahkan kebebasan berekspresi yang diatur dalam Undang-undang tidak khusus melindungi Persma tapi mengatur kebebasan masyarakat pada umumnya. “Semoga Pers Mahasiswa lebih kompak lagi agar kuat menghadapi intervensi oleh pihak kampus, karena belum ada peraturan yang mengatur perlindungan terhadap Persma,” tambahnya.

0 Shares
POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Abdul Manan: Perlind
Kalender Akademik Un

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.