HomeKampusWalikota Sawah Lunto Ajak Lestarikan Budaya

Walikota Sawah Lunto Ajak Lestarikan Budaya

 

Teknokra.com : Surat Kabar Kampus (SKK) Ganto Universitas Negeri Padang mengadakan Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Nasional (PKJKTLN) di Kota Sawah Lunto, Senin-Jumat (2-6/10).

Pelatihan yang mengangkat tema “Jurnalisme Online” ini menghadirkan wartawan Tempo.co I Wayan Agus Prambono, Redaktur Tirto.id Fahri Salam dan redaktur kumparan M. Yusuf Arifin.
Ketua pelaksana PKJTLN Alfendri mengatakan PKJTLN merupakan program kerja wajib yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun. Tahun ini PKJTLN SKK Ganto diikuti 27 orang perwakilan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) s-Indonesia. Ia menjelaskan Kota Sawah lunto adalah tempat bersejarah, berbudaya yang perlu diekspose dan di promosikan.

Ermiyati Harahap selaku Pemimpin Umum SKK Ganto mengatakan sengaja memilih tempat bersejarah yang ada di Sawah Lunto untuk menjadi tempat pelatihan. Ia berharap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan nyaman.

Walikota Sawah Lunto Ali Yusuf menjelaskan sawah lunto adalah kota yang bersejarah dibuktikan degan adanya makam pahlawan Prof. Muh Yamin yang juga lahir di sawah lunto.

Mulai 17 oktober 2016 diadakan khaul untuk mengenang sejarah Prof. Muh Yamin, nantinya juga akan dibuat monumen dan miniatur rumah Jamaludin Adinegoro, adik Prof. Muh. Yamin yang juga pahlawan nasional.
Ali Yusuf berharap peserta dari lembaga pers mahasiswa bisa ikut membantu mempromosikan sawah lunto sebagai kota bersejarah. “Mari kita tegakkan kembali rasa cinta tanah air, kita kembangkan masing-masing budaya daerah kita maka kita akan kuat.

Tambang batubara yang satu-satunya penopang ekonomi sawah lunto tidak akan bertahan karena sumber daya alam akan habis, tapi budaya akan terus kita pertahankan,” imbuhnya.

Iftihal Muslim Rahman selaku perwakilan LPM Gemercik Universitas Siliwangi mengakumengikuti PKJTLN “Jurnalisme Online” ini karena banyak sistem yg ingin diperbarui di LPM Gemercik, “Terutama di media online, apalagi kita baru aktif di media sosial tahun kemarin,” ungkapnya.

Laporan : Faiza Ukhti Annisa

Shares 0
Sambut Pilkada 2018,
Saatnya Pers Mahasis

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.