HomeRegionalPotensi Radikalisme Lampung Peringkat ke-4

Potensi Radikalisme Lampung Peringkat ke-4

 

Teknokra.com: “Siapa bilang di Lampung tidak ada teroris? Jaringan terorisme semakin banyak. Mereka terus berkeliaran diluar sana dan terorganisir,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung, Irwan Sihar Marpaung dalam diskusi yang diadakan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Aula Perpustakaan Unila, Kamis (05/07/2018).

 

Menurut survei Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Lampung memiliki potensi radikalisme peringkat ke-4 dengan persentase 58,30%. Peringkat ke-1  Bengkulu dengan persentase 58,58%, ke-2 Gorontalo (58,42%) dan ke-3 Sulawesi Selatan (58,42%).

 

Mengusung tema Pancasila Sebagai Roh  Untuk Memerangi Radikalisme dan Terorisme, GMKI berupaya untuk mencegah  gerakan radikalisme di kalangan mahasiswa. Diskusi ini juga dihadiri   Prof.Karomani (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Unila, Ifdhal Kasim (Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden) dan Arman Ampulembang (Direktur Intel Polda Lampung).

 

Irwan  menyebutkan rekap narapidana dan mantan narapidana  di Lampung tercatat ada  5 kelompok radikal, 4 mantan narapidana teroris, 5 narapidana teroris, 19 deportan Timur Tengah dan 89 simpatisan ISIS.  “Negara sedang dihancurkan melalui Internet. Mengadu domba dengan membenar-benarkan sesuatu yang belum pasti kebenarannya,” ujar Irwan.

 

Prof Karomani mengatakan radikalisme hampir ada disemua agama. “Radikalisme bukan hanya didominasi agama tertentu, kebetulan di Indonesia yang tertangkap di agama tertentu,” jelasnya.

 

Arman menegaskan, kemajemukan bangsa harus dijaga sesuai dengan alam yang ada. Ia berharap semua bertanggung jawab untuk mempertahankan negara ini. “Saya harap, pemuda masa depan maju  untuk mempertahankan negara Indonesia,”tegasnya.

 

Sumurung Madeari Nadaek (Ilmu Hukum’13) Ketua Panitia, berharap  dapat memberikan semangat baru bagi seluruh masyarakat. “Semoga bisa lebih menjiwai makna dari pancasila itu sendiri untuk memerangi radikalisme di negeri ini,” ujarnya.

 

Laporan: Silviana

0 Shares
Kesibukan Uas Bukan
Protes Bawaslu: Maha

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.