HomeRegionalMenanggapi Isu Lingkungan, Jurnalis Tak Boleh Luput Pemberitaan

Menanggapi Isu Lingkungan, Jurnalis Tak Boleh Luput Pemberitaan

Jurnalis dari Tirto.id sedang memberikan materi.

teknokra.com: Isu lingkungan memang tak pernah usai dibicarakan.Tak terkecuali kalangan jurnalis yang notabene merupakan perpanjangan lidah dari masyarakat.Melalui pemberitaan, diharapkan masyarakat peka terhadap lingkungan sekitar.

Bertujuan untuk mendorong para jurnalis mendalami isu lingkungan, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung menggelar workshop bagi jurnalis lokal. Kegiatan bertema “Sanitasi Aman Tanggung Jawab Bersama” ini digelar di Batiqa Hotel Lampung, Sabtu-Minggu (25-26/8).

Hari pertama, para peserta diberi pengetahuan dasar terkait sanitasi aman. Hari berikutnya,peserta diberikan pelatihan melalui turun lapang untuk mengamati kondisi lingkungan menuangkannya dalam bentuk berita.

Salah satu peserta Ikhwan Wijaya (Radio Republik Indonesia) mengatakan, acara ini dapat menyadarkan jurnalis terhadap isu yang seringkali luput dari pemberitaan. “Adanya kerjasama dengan Non-Government Organization (NGO) membantu para jurnalis dalam memperluas wawasan,”ujarnya.

Senada dengan Ikhwan, Slamet Sumardi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) mengatakan, ilmu yang didapat dari workshop ini untuk dibagikan ke masyarakat sekitar.

Sekretaris AJI Bandarlampung Wandi Barboy berharap dapat terus bekerjasamadengan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Indonesia .”Terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sanitasi di kehidupan sehari-hari sekaligus menjadi contoh demi mencapai Program SDGs (Sustainables Development Goals ) pada tahun 2030,” pungkasnya.

Laporan : Shandy Dwiantoro

Editor     : Rohimatus Salamah

0 Shares
Nasib Singkong di Ta
UKT Selangit Pembang

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.