HomeRegionalMahasiswa KKN kebangsaan Bantu Perekonomian Petani Lada

Mahasiswa KKN kebangsaan Bantu Perekonomian Petani Lada

Peserta KKN kebangsaan 2018 Penempatan Desa Karang Sari, Kec. Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung

 

teknokra.com: Mahasiswa/i KKN Kebangsaan 2018 menawarkan sejumlah solusi untuk membantu perekonomian petani lada di Desa Karang Sari, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Pasalnya, volume panen yang meningkat tak sebanding dengan harga jual di pasaran.

Sejak Juli lalu hingga saat ini masyarakat disibukkan dengan panen lada yang sudah mulai menguning. Sementara harga jual lada pada kamis (9/8) hanya berkisar 30rb/kg.

Keadaan ini diperparah dengan menguningnya daun serta busuknya akar pohon lada. “Hal ini disebabkan lada terus-menerus ditanam di lahan yang sama tanpa adanya regenerasi tanah,” ujar salah satu petani, Sugiarto (37).

Hal ini menjadi menggerakkan mahasiswa/i KKN Kebangsaan 2018 untuk mengadakan pelatihan ekonomi kreatif. “Saya berharap dapat membatu perekonomian masyarakat pekon karang sari disamping bekerja dan mendapatkan pengahasilan dari bertani lada,” ujar Lia Maisarah, Mahasiswi F. Hukum Universitas Malikussaleh 2015.

Ia bersama timnya memanfaatkan bahan mentah yang ada di desa tersebut untuk dikreasikan menjadi suatu produk. Pengepakan produk dan training marketing juga merupakan salah satu program kerja yang saling berkaitan.

Rilis

0 Shares
Sepuluh UKM-U Teranc
Mahasiswi Unila Terp

redaksiteknokra@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.