HomeRegionalKominfo Adakan Literasi Bijak Bersosial Media

Kominfo Adakan Literasi Bijak Bersosial Media

 

 

teknokra.com: Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi bekerjasama dengan Direktorat Kemitraan Komunikasi dan Pemerintah Kota Bandarlampung menggelar “Temu Lembaga Komunikasi Sosial dan Komunitas di Hotel Novotel, Senin (5/2). Acara ini dibuka oleh Dirjen informasi dan Komunikasi Publik, Rosita Niken Widiastuti.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bandarlampung, Syahril, SH. MH., dalam laporanya mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema Bijak Bermedia Sosial. ” Acara ini dihadiri 30 perwakilan lembaga komunikasi sosial dan komunitas di Lampung,” ujarnya.

Dirjen informasi dan Komunikasi Publik, Rosita Niken Widiastuti dalam sambutannya juga memperkenalkan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam menyediakan informasi yang terpercaya. ” KIM adalah organisasi dari, oleh dan untuk masyarakat dalam menyebarkan informasi yang benar,” ucapnya.

Niken mengatakan, sekarang semua masyarakat adalah pemilik media, setiap masyarakat bisa menyebarkan berita secara real time.”Ten to Ninety, 10 orang produktif upload informasi negatif, 90 lainnya menyebarkan tanpa verifikasi,” ucapnya.

Hal ini dinilai berbahaya, Niken menyebutkan 92,4 % reponden survei Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) tahun 2017 mengatakan pernah mendapat berita hoaks. ” 265 juta penduduk Indonesia, 400 juta nya memiliki telepon pintar, belum lagi yang memiliki kartu ganda” pungkasnya.

 

Laporan : Retnoningayu Janji Utami

 

 

Shares 0
Melihat Fenomena Ger
Cegah Hoaks dengan L

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT