HomeRegionalKenapa RUU PKS Harus Disahkan? Ini Kata Women’s March Lampung

teknokra.com: Rizky Gita Ramadhani (Women’s March Lampung) bersama puluhan aktivis perempuan lainnya, menuntut pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual, dan Politik Elektoral dalam aksi peringatan Hari Perempuan Indonesia (HPI) di Tugu Adipura Bandarlampung, Jumat (8/3/2019).

“Kenapa RUU PKS, karena KUHP masih belum mendefinisikan apa arti perkosaan. Sedangkan saat ini banyak jenis kekerasan atau pelecehan seksual yang tidak bisa diteruskan kasusnya hanya karena tidak ada bekas atau penetrasi,” kata Rizky Gita Ramadhani.

Menurutnya RUU PKS tidak mengandung unsur politik, meski saat merumuskan mengundang individu dari partai politik namun mereka tidak mengibarkan sayap dari dari parpol A, B atau C. “Kami murni bukan untuk memenangkan suatu parpol. Kami mendukung individu bukan parpolnya,” tegasnya.

Ketua Solidaritas Perempuan Sebay Lampung, Armayanti mengatakan kaum perempuan merupakan kelompok yang di eksploitasi, bahkan bentuk eksploitasi ini terus berkembang dan semakin kompleks seiring dengan perubahan dalam sistem kapitalisme. “Pelecehan dan kapitalisme merupakan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan, kerentanan kekerasan seksual perempuan banyak terjadi di ranah kerja,termasuk kekerasan keluarga juga tidak terlepas dari tekanan ekonomi, ujarnya.

Menurutnya propaganda kapitalisme tentang perbedaan kelas sosial antara yang miskin dan kaya adalah sebuah manispestasi dari sistem patriarki. Dimana yang kaya memiliki kuasa atas yang miskin sehingga bisa melakukan apa saja yang diinginkan termasuk melakukan kekerasan seksual.

Laporan: Silviana

0 Shares
FOLLOW US ON:
Sambut Hari Perempua
Aksi Sambut Presiden

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.