HomeCitizen JurnalismRedaktur Tirto.id Tekankan Pers Mahasiswa Mulai Jurnalisme Data

Redaktur Tirto.id Tekankan Pers Mahasiswa Mulai Jurnalisme Data

 

Teknokra.com : Kelas tunggal dalam Pelatihan Keterampilan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PKJTLN) Surat Kabar Kampus (SKK) Ganto mendatangkan Redaktur senior Tirto.id Sarfah Fahri Salam sebagai pemateri terkait pengenalan berita online dan mengubah data menjadi berita.

Pelatihan yang mengangkat tema “Jurnalisme Online praktik baru abad 21” digelar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Sawah Lunto, Selasa (3/10).

Dalam memaparkan materi, Fahri menekankan penggunaan data untuk mendukung berita. Data tersebut bisa ditampilkan dalam bentuk tulisan atau visual yang menarik. Kelebihannya reportase berbasis data dapat digunakan juga untuk menguji asumsi yang tak jarang salah.

Fahri juga mengatakan pembaca mulai sadar soal pentingnya data dalam berita untuk menghindari hoax. Wartawan yang baik menurutnya mampu melakukan riset, datang dan mewawancarai secara langsung sehingga tulisannya adalah asli.

Peserta yang hadir menyambut antusias pemaparan materi dari Fahri, namun beberapa Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) masih belum yakin untuk fokus pada media online. Pasalnya tulisan dalam media online biasanya berupa seremonial dan singkat, hal itu disampaikan Wahyudin dari LPM Profesi Universitas Negeri Makassar.

Fahri menyarankan agar berita online yang di upload kualitasnya serupa dengan tulisan cetak, enak dibaca dan berupa tulisan panjang bukan hanya seremonial. “Kalau sudah konsisten, media sosial digencarkan, update, desain web yang menarik baru kalian bisa bermimpi lembaga pers kalian bisa menjadi bacaan masyarakat luas,” imbuhnya.

“Saat ini belum ada pers mahasiswa yang melakukan jurnalisme data secara serius, jadi, teman-teman bisa mulai sekarang,” ujarnya.

Laporan : Faiza Ukhti Annisa

Shares 0
Pelayanan PT PLN Ray
Bedah Website Pers M

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.