HomeRagamZona AktivisTak Sekedar Berbahasa Inggris

Tak Sekedar Berbahasa Inggris

English  Club. Sumber Foto: dye.macam.ac.il

 

English  Club. Sumber Foto: dye.macam.ac.il

English Club. Sumber Foto: dye.macam.ac.il

Banyak cara untuk menjadikan belajar bahasa inggris lebih menyenangkan, seperti Rossida Budianti, mahasiswa Akutansi angkatan 2012 yang memilih mengikuti sebuah club bahasa inggris di fakultasnya.

Economics English Club (EEC) yang kini ia ketuai merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat fakultas yang bergerak di bidang bahasa Inggris, yang merupakan wadah bagi para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Lebih dari itu menurut Rossida, EEC dengan visinya “To Create A Competitive English Club” membuat anggotanya tak sekedar belajar bahasa Inggris tapi juga menjadikan mereka berdaya saing, serta memperkuat tali persaudaraan antaranggota EEC. “Persaudaraan yang kuat akan membuat kita nyaman dan lebih termotivasi lagi untuk terus belajar dan belajar, ” ujarnya.

Berdiri sejak 30 Mei 2000, EEC terus meningkatkan kemampuan anggotanya dalam berbahasa inggris. Untuk meningatkan kemampuan tersebut, UKM ini membagi anggotanya berdasarkan tiga tingkatan. Tingkatan yang pertama adalah anggota newbie. Newbie adalah tingkatan paling bawah di UKM ini. Anggota yang masuk dalam tingkatan ini adalah anggota baru. Untuk anggota Newbie, EEC mengajarkan tentang dasar-dasar bahasa inggris. “Di sini bener-bener bisa jadi tempat kita untuk belajar, mendapatkan teman baru , dan meningkatkan serta mengambangkan kemampuan yang kita miliki,” ujar Yunita selaku Sekretaris ukm EEC. Saat ini EEC diurus oleh 18 anggota Presidium, 50 anggota Board serta kurang lebih 130 anggota Newbie yang merupakan dari mahasiswa baru.

Banyak kegiatan yang dibuat EEC untuk membuat kemampuan anggotanya antara lain Regular tutorial yang merupakan bimbingan belajar mengenai teori-teori bahasa inggris bagi anggota pemula, Regular training merupakan pelatihan yang berisi perkenalan cabang-cabang perlombaan seperti newscasting, debate, speech dan lain sebagainya, dan kegiatan yang dilaksanakan tiap bulan sekali yaitu Friday in English yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa dan dosen FEB, mereka wajib berbahasa inggris di hari Jumat.

Untuk menjaga eksistensinya, EEC juga mengadakan kegiatan berskala daerah. Kegiatan yang bertajuk English In Action (EIA) tersebut diadakan rutin tiap tahunnya. Event yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, menghadirkan siswa tingkat Sekolah Dasar hingga mahasiswa Perguruan Tinggi yang diisi dengan berbagai macam perlombaan. Perlombaan yang biasanya diadakan antara lain newscasting , debate , scrable , speech , english singing contest , dan story telling.

Di tahun 2014 EEC berhasil merebut banyak juara sekaligus, EEC berhasil meraih juara 2 lomba paper presentation dan juara 3 speech untuk tingkat nasional di Universitas Indonesia, juara 3 Newscasting LOVE Comp ESO Unila , Juara 1 Speech SEC di Fakultas Pertanian Unila dan masih banyak prestasi lainnya.

Laporan :Fitri Ardiani

Shares 0
Gemar Baca Buku di E
Diklat Wirausaha ben

redaksiteknokra@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.