HomeRagamHMJ Ilmu Komunikasi, Kompak dan Kreatif

HMJ Ilmu Komunikasi, Kompak dan Kreatif

1.-hmj-ikom

Bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Lampung, pilihan organisasi mereka labuhkan pada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Selain keinginan menghidupkan ruh oraganisasi di rumah sendiri, HMJ Ilmu Komunikasi juga menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan kreativitas. Berbagai kegiatan yang dilakukan HJM menjadi ajang melatih soft skills dalam berogranisasi dan manajeman waktu.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang senang berkegiatan terhimpun dalam HMJ Ilmu Komunikasi. HMJ ini memiliki enam bidang, yaitu Bidang Public Relations, Bidang Fotografi, Bidang Broadcasting, Bidang Jurnalistik, Bidang Advertising, serta Bidang Penelitian dan Pengembangan. Masing-masing bidang dikepalai oleh seorang kepala bidang dan sekertaris bidang serta beranggotakan mahasiswa ilmu komunikasi. Bidang-bidang tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Ilmu Komunikasi sebagai wadah tempat mereka belajar mengenai kajian ilmu komunikasi itu sendiri.

HMJ yang lahir pada tahun 2000 ini terus menjaga eksistensinya dalam berkarya. Berbagai kegiatan kunjungan, seminar, dan perlombaan menjadi program kerja setiap tahun. HMJ yang dinahkodai oleh Bayu Prakoso (Ilmu Komunikasi ’11) ini bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai HMJ terbaik di FISIP berkat eksistensinya yang terus bersinar.

Tahun ini, HMJ Ilmu Komunikasi telah berhasil menggelar beberapa jenis kegiatan. Kunjungan berbagai media lokal seperti Lampung Post, Tribun, dan Radar Tvmenjadi agenda wajib. Tak hanya itu, mereka juga melakukan kunjungan ke berbagai media nasional, seperti Metro TV, Tempo, dan TRANS 7.

Selain itu, HMJ ini juga mengadakan lomba fotografi, speach dan news casting. Rangkaian kegiatan besar berlevel nasional berupa workhop dan lomba juga berhasil terlaksana dengan sukses tahun ini. Pada acara tersebut, HMJ Ilmu Komunikasi menggagasa workshop nasional mengenai advertising, broadcasting, dan photography. Diskusi publik bertemakan “Cerdas Bermedia Cerdas Memilih” juga menjadi rangkaiannya.

Bayu yang ditemui di Unila mengatakan HMJ Ilmu Komunikasi ini mengedepankan kekompakan dan kreativitas. HMJ juga mengedepankan rasa kekeluargaan tanpa senioritas. Tak ada larangan atau batasan untuk menyampaikan ide saat rapat. “Banyaknya ide-ide yang tertuang dari pengurus dan anggota,” ujarnya.

Bayu menambahkan, tak ada kesulitan besar dalam mengajak anggotanya. Kesulitan yang ia dan rekan-rekannya hadapi hanyalah partisipasi pihak kampus saat HMJ Ilmu Komunikasi akan menggelar event. Kebijakan kempus hanya membolehkan mahasiswa menggelar kegiatan saat akhir pekan. Di hari kuliah, kegiatan hanya boleh dilakukan di luar kampus. “Minat peserta untuk hadir kurang karena sudah memiliki agenda masing-masaing,” lanjut Bayu. Di masa baktinya mempimpin HMJ Ilmu Komunikasi, Bayu berharap HMJ Ilmu Komunikasi lebih kreatif dan makin berkembang.

Shares 0
Mahasiswa Teknik Sip
Mahasiswa Tuntut Pen

redaksiteknokra@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.