HomeRagamInovasiSolusi Sampah Plastik, Mahasiswa Itera temukan alat Filter Sampah

Solusi Sampah Plastik, Mahasiswa Itera temukan alat Filter Sampah

teknokra.com: Berawal dari keresahan melihat sampah plastik di sungai Bandarlampung Mahasiswa Institut Teknologi Sumatra (Itera) menemukan alat filter sampah plastik yang bernama Lasegar (Escalator Based Garbage Filter) pada Agustus 2019. Alat ini bertujuan untuk menyaring sampah plastik yang mengalir terbawa aliran sungai.

Ahmad Hakim Muzakky, (Teknik Sipil’17) menerangkan cara kerja mesin ini dengan mengangkat sampah plastik yang berada di sungai dengan eskalator. Kemudian sampah plastik dipilah dan dibakar dengan suhu 220°C.

 “Pembakaran harus sempurna agar tidak menimbulkan dampak global warming. Dari uap panas yang dihasilkan dari mesin itu diubah menjadi energi gerak dan energi listrik untuk menggerakkan eskalator tersebut,” tuturnya.

Alat ini masih berupa prototype yang sudah diuji cobakan di Itera. Alat ini dinisiasi oleh Ahmad Hakim Muzakky (Teknik Sipil’17),  Fara Anissa Darma Putri (Teknik Sipil’17), Yuni Arta Sinaga(Teknik Lingkungan’17).

Lasegar ini berhasil lolos menjadi finalis dalam Seoul Internasional Inventation Fair di Seoul, Korea Selatan pada 04-06 Desember 2018. Namun, karena tidak ada dana mereka tidak berangkat ke Seoul, Korea Selatan. Saat ini, belum ada perkembangan alat filter sampah ini sebab pembuatan alat ini menghabiskan dana sekitar 100 juta.

Laporan Mitha Setiani Asih

0 Shares
15 Pabrik Danone-AQU
Mahasiswa Tanggapi S

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.