HomeKampusUniversitasLiterasi Informasi Permudah Referensi Informasi

Literasi Informasi Permudah Referensi Informasi

Teknokra.com : “Literasi informasi, bukan hanya untuk pustakawan, tapi juga untuk mahasiswa dan civitas Unila agar semuanya memiliki kompetensi tersebut,” Ujar Mardiana, Kepala UPT Perpustakaan Unila pada pelatihan Literasi Informasi di ruang seminar perpustakaan Unila, Selasa (29/8).

Menurut Mardiana, literasi informasi merupakan ilmu yang mempermudah untuk menguasai informasi mulai dari cara menelusur, mengakses kemudian mengelola dan menyimpan hingga mendistribusikan kembali informasi yang didapat dari sumber-sumber informasi yang ada, salah satunya perpustakaan.

“Contoh kecilnya, jangan sampai nanti saat mahasiswa menyusun tugas akhir ada referensi ada sumber dari .com atau hanya tau Google padahal sebenarnya sumber itu banyak,” imbuh Mardiana.

Pembelajaran literasi yang diajarkan meliputi bagaimana cara mengakses jurnal, ebook, dan buku secara online serta pengenalan sistem peminjaman dan pengembalian elektronik berbasis Radio Frequency Identification (RFID).
Program yang melibatkan beberapa dosen Unila untuk mata kuliah metodologi penelitian, kini sedang dicanangkan UPT Perpustakaan Unila, dimana dosen diharapkan meluangkan satu kali pertemuan kuliah untuk mengajarkan literasi informasi di perpustakaan, melihat keperluan mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun tugas akhir maupun skripsi dan sejenisnya.

Pelatihan literasi informasi ini diisi dengan beberapa kelas pelatihan. Pertama, penelusuran koleksi informasi ilmiah, e-journal, e-book unila oleh Erni Fitriani, Pustakawan Bandarlampung. Kedua, materi reference manager tentang penggunaan aplikasi Mendeley yang disampaikan oleh Nurhidayah. Terakhir, materi sistem katalog bersama Unila Union Katalog.

Selama pelatihan, seluruh peserta antusias mengikuti setiap materi yang diberikan, pasalnya bukan hanya mendengarkan materi namun peserta juga harus praktek langsung dalam setiap materi yang diberikan.

 

Laporan : Yoanda Widiadita

Shares 0
Rizky Panchanov, Rai
Unila Nobatkan Duta

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.