HomeRagamZona AktivisLBH Pers Gelar Diskusi Problematika Media

LBH Pers Gelar Diskusi Problematika Media

Teknokra.com : Usung tema ”Hoax, Ancaman UU ITE, dan Potensi Sengketa Pemberitaan Pilkada” Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Lampung menggelar diskusi bertajuk “Ngobrol Jumat (Ngobat)” di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung, Jumat (18/8).

Diskusi ini dihadiri oleh Akademisi Fakultas Hukum Universitas Lampung, Dr. Rudy, Mantan Ketua AJI Bandarlampung, Firman Seponada, praktisi penyelenggara dan pengawas pemilu, penggiat NGO, jurnalis, mahasiswa, dan masyarakat umum.
Mantan Ketua AJI Bandarlampung, Firman Seponanda menerangkan, menjelang Pilkada 2017 nanti, literasi menjadi penting sekali dalam mengantisipasi pemberitaan hoax di masyarakat.

Senada dengan hal itu, Yoso Muliawan berpendapat bahwa media harus menjadi kepercayaan publik. ”Media adalah kepercayaan publik, maka media harus-lah kuat dan Independen, mewujudkannya, pertama kita bangun dulu media yang proporsional,” pungkasnya.

Sementara, Dr, Rudy selaku Akademisi Universitas Lampung mengamati media berbasis online yang sudah semakin banyak, namun sedikit yang baru terverifikasi. “Ada 4000 media di Indonesia namun yang terdaftar dan ter-verivikasi hanya sekitar 100an saja,” ujarnya.

Menurut Wartawan Antara, Budisantoso Budiman, dalam memerangi Hoax beragamnya media menjadi permasalahan krusial di era digital sekarang. “Teman-teman dari media online, media cetak, media elektronik dan Radio masih terlihat gamang akan kompetensi, untuk itu kode etik jurnalistik sangat penting sekali diterapkan dengan sebenar-benarnya,” pungkasnya.

Berdasarkan hal tersebut, Rudy menyampaikan kedua poin terkait diskusi kali ini diantaranya, dewan pers harus melakukan verivikasi terhadap media yang ada di Indonesia agar ketika wartawan terjerat UU ITE, mereka dapat dilindungi serta pemberian perlindungan melalui legislasi kepada wartawan.

 

Laporan : Muhammad Aqiel

 

Shares 0
Ciptakan Kader Pendi
Formasi GACU, Awali

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.