HomeKampusDanu Pagu Habis,Tabloid Teknokra Ganjaran Diksar Lengah Didanai Prof. Karomani

Danu Pagu Habis,Tabloid Teknokra Ganjaran Diksar Lengah Didanai Prof. Karomani

teknokra.com: Pemimpin Umum UKPM Teknokra, Alfanny Pratama Fauzy menyayangkan dana pagu akun percetakan di Rektorat turun dari sebelumnya sekitar Rp. 66 juta saja.Padahal, dengan pagu yang diberikan saat ini tidak cukup untuk mendanai penerbitan Teknokra. Sebab, itu hanya cukup untuk tiga tabloid saja.

“Tahun ini kami mempunyai tanggung jawab 6 tabloid. Akan tetapi, cuman sanggup lima untuk pendanaannya.  Itu pun satu tabloid  yang “Jejak Merah Calon Rektor atau Khayal ala Aom” pakai dana usaha Teknokra dari iklan dan surplus Event Organaizer (EO) AJI Indonesia,” jelasnya.

Lanjut Alfanny, sedangkan dana tabloid “Ganjaran Diksar Lengah”, Unila tetap membiayai dengan bantuan operasional Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  Prof. Karomani. “Saya dan Pemus Kalista menghadap Ibu Anna untuk mencari solusi supaya dana Tabloid Teknokra yang “Ganjaran Diksar Lengah” bisa didanai. Sebab dana pagu Teknokra sudah habis di tiga tabloid.  Alhasil dari minta tolong mendapat respon baik juga dari pak Aom untuk pakai dana operasionalnya Rp. 7 juta, jadi eksemplarnya juga dikit,” ungkapnya.

Ia menambahkan, karena memiliki semangat untuk terus berkarya. Teknokra menerbitkan kembali tabloid. “Khayal ala Aom atau Jejak Merah Calon Rektor”, meski tidak didanai lagi dari rektorat karena dana sudah habis. “Saya berharap ke Rektor yang baru dapat meningkatkan lagi dana akun percetakan.  Kalau Rp. 66 juta cukup untuk tiga tabloid.  Kalau eksemplarnya diturunkan informasi penting perihal Unila tidak akan tersebar luas,” ujarnya.

Alasan lain, dengan mendukung terbitan Teknokra itu juga mendukung prestasi Teknokra. Sebab karya-karya Teknokra sering mendapatkan penghargaan dan dapat mengasah kemampuan.

Tahun 20919 ini saja mendapatkan 8 penghargaan nasional untuk Teknokra. Diantaranya,  Penghargaan Bronze Winner Majalah dari  Dewan Pers,  Tabloid terbaik ketiga dari AJI Indonesia, Penulis Opini Terbaik di Universitas Negeri Padang,  Juara Satu Video Nasional di Pelatihan Sejuk Riau, Tulisan Teknokra dapat Pendanaan Kemenristekdikti dan Eagle Award Metro Tv Pembuatan Film  Dokumenter,  Juara Harapan Vlog AJI Indonesia,  Pendanaan Followship Liputan oleh SIEJ, Semifinalis Mojoc Inews Tv, dan Juara Satu Cerdas Cermat Jurnalistik AJI Bandarlampung.

“Semoga Rektor baru  menaikan lagi dana akun penerbitan Teknokra.  Sekarang sudah terbukti Teknokra terus produktif dan membanggakan Unila di kancah nasional dengan 8 penghargannya tahun ini,” kata Alfanny.

Pemimpin Usaha, Kalista Setiawan mengatakan bantuan oprasional dari prof. Karomani itu belum termasuk 10% Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan 2% Pajak Penghasilan (PPh). “Jadi sangat disayangkan jumlah terbitan yang bisa di cetak hanya 2.500 eksemplar dan itu tidak sebanding dengan jumlah sivitas akademika Unila,” jelasnya.

Ia berharap tahun depan dana penerbitan UKPM Teknokra akan ditambah. “Semoga Unila menambah dana pagu terbitan, dan menyetujui pengadaan penambahan alat penunjang redaksi,” tuturnya

Laporan Anissa Diah Pertiwi

0 Shares
Calon Pemum Nomor 2:
WC Gerha Kemahasiswa

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.