HomeKampusSNAP, Meningkatkan Profesionalitas Guru

SNAP, Meningkatkan Profesionalitas Guru

Foto: Yola Savitri/TEKNOKRA

Foto: Yola Savitri/TEKNOKRA

Teknokra.com: Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) dan S-1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unila menggelar Seminar Nasional dan Workshop (SNAP) dengan tema Promoting Teachers’ Profesionalism, Sabtu(14/5) pagi. Bertempat di Aula K FKIP Unila, acara ini dihadiri oleh 113 peserta, dan 37 pemakalah yang merupakan guru SMP, SMA, serta dosen di wilayah Bandar Lampung.

Faiz Nurul Hadi, S.Pd, ketua pelaksana menjelaskan, pemilihan tema acara tahunan kali ini berangkat dari permasalahan profesionalitas di lingkungan kerja mahasiswa S-2, yang mayoritas guru. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini, terdiri dari dua agenda, yaitu seminar dan pembekalan materi penulisan jurnal, serta penyajian makalah terkait peningkatan profesionalitas guru.

Sesi pertama, seminar, diisi oleh tiga keynote speaker Pendidikan Bahasa kenamaan, yakni Dr. Dinar Sitinjak,M.A dari FKIP Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Cucu Sutarsyah,M.A dari FKIP Unila, serta Dedi Turmudi,M.A TESOL dari Universitas Muhammadiyah  Metro.

Menurut Dinar Sitinjak (sebagaimana tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2005-red), seorang guru dianggap profesional, apabila mengaplikasikan 4 kompetensi dasar dalam kelas, yakni kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan personal. “Guru tidak hanya mengerti tentang materi dan teori namun juga harus mengaplikasikan kompetensi tersebut serta memahami karateristik siswa dan dapat menghargai siswa di dalam kelas.” jelasnya.

Di sesi kedua yang dimulai pukul 13.00 WIB, selain dibekali latihan menulis jurnal, peserta juga ditargetkan dapat menulis jurnal sederhana dengan bimbingan secara berkala. Panitia nantinya akan membimbing by phone perkembangan tulisan peserta sampai acara ini resmi ditutup, hari Rabu(18/5).

Salah satu pemakalah, Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd, dosen Bahasa Inggris di perguruan tinggi Teknokrat, mengatakan, acara ini sangat penting terutama untuk guru, dosen, dan peneliti di bidang Bahasa Inggris. Sebagai pemakalah, ia ingin menyajikan hasil penelitiannya agar menjadi bahan masukan yang dapat berguna bagi guru, dan calon guru, terutama di FKIP Bahasa Inggris Unila.

Oleh: Yola Savitri

Shares 0
Wartawan yang Baik i
PMII Bahas Isu Pelec

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.