HomeKampusSeminar Nasional Penguatan Karakter Lewat Bahasa dan Sastra

Seminar Nasional Penguatan Karakter Lewat Bahasa dan Sastra

13241610_1119587584770793_735694451_o

Teknokra.com: Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Komisariat Lampung bekerja sama dengan Unila mengadakan seminar nasional  dengan tema “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Gamitan Pembelajaran Bahasa dan Sastra”, Kamis (19/5) pagi. Bertempat di Convetion Hall Begadang Resto, Bandarlampung.

Seminar yang mendatangkan Taufiq Ismail (Sastrawan Nasional angkatan 66), Prof. Suwardi Endraswara (Ketua Umum HISKI), Prof. Bujang Rahman (Wakil Rektor 1 Unila), Dr. Muhammad Fuad (Dekan FKIP Unila) sebagai pemateri ini dihadiri ratusan mahasiswa FKIP Unila, STKIP Pringsewu, STKIP Kotabumi, STKIP PGRI Metro, dan Komunitas Sastra Suka Cipta (Kosakata).

Dr. Muhammad Fuad, membedakan potensi berbahasa dan sastra siswa melalui sinergi guru dan siswa. “Mimpi kita saat ini, yaitu Indonesia hebat sesuai progam pemerintah,” ungkapnya. Diperlukan generasi hebat yang dihasilkan dari pendidikan yang hebat. Ciri pendidikan yang hebat dididik oleh guru hebat yang meledakan berbahasa dan bersastra siswanya. “Ada tiga sasaran dalam praktik pembelajaran yaitu pembelajaran tentang bahasa, belajar bahasa, dan belajar memahami bahasa,” ungkapnya saat menyampaikan materi.

Dr. Munaris, sebagai ketua pelaksana menjelaskan, pemilihan tema seminar dilatarbelakangi  keprihatinan terhadap kondisi bangsa saat ini. ”Melalui bahasa dan sastra semoga bisa munguatkan karakter bangsa,” ujarnya.  Selain seminar, diadakan pula pelantikan HISKI Komisariat Lampung,  diskusi paralel, dan sesi foto.

Oleh: Alfanny Pratama

 

0 Shares
PMII Bahas Isu Pelec
Sastra Bisa Menjadi

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
1 COMMENT
  • yuliana kurnia s / 20 Mei 2016

    Aduh keren nih ada taufiq ismail masa itu taufiq ismail masih gagah banget kan usianya di google 80 tahun