HomeKampusSemarak FEB, FISIP, dan FH Sambut Mahasiswa Baru

Semarak FEB, FISIP, dan FH Sambut Mahasiswa Baru

Wawan Taryanto
Wawan Taryanto

Wawan Taryanto

Teknokra.com: Jumat (2/9/2016), setelah tiga hari mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat universitas di Gedung Serba Guna Unila (29-31/8/2016), mahasiswa baru mengikuti PKKMB  tingkat fakultas.

PKKMB tingkat fakultas berlangsung sejak Kamis (1/9/2016) hingga hari ini, Jumat (2/9/2016). PKKMB tingkat fakultas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berlangsung pukul 05.00-17.00 WIB. Tahun ini PKKMB FEB mengusung tema ‘Melalui program pengenalan kehidupan kampus kita wujudkan mahasiswa untuk memiliki ilmu pengetahuan, soft skill, dan berkarakter ilmiah serta berdaya saing global’.

Ketua pelaksana PPKMB Harry Walfi (Ekonomi Pembangunan ‘13) menyatakan pada hari pertama kegiatan yang diberikan berupa pengenalan kampus di lingkup fakultas, dosen FEB dan fasilitas kampus. Di hari kedua, tambah Harry, diisi dengan berbagai lomba, seperti lomba orasi, lomba Muli Meghanai, lomba pengabdian masyarakat dan lomba cerdas cermat. Menurut Harry tujuan dari acara tersebut agar terciptanya kebersamaan antar junior-senior dan mengenal lebih dekat dengan lingkup akademik bagi mahasiswa baru agar siap terjun ke dunia perkuliahan.

Rosa Lailatul Jannah (Akutansi ‘16), salah seorang peserta mengatakan senang bisa bergabung di acara PKKMB. “Selain pengalaman, kakak-kakaknya juga seru,” ungkapnya. Peserta lain, Setia Melati Pratiwi (Ekonomi Pembangunan ‘16) berharap acara PKKMB tahun depan lebih kondusif dan tidak acak-acakan karena jadwal yang tidak teratur.

Berbeda dari PKKMB FEB, PKKMB FISIP berlangsung lebih cepat. Acara dimulai sejak pukul 07.00 hingga 11.30 WIB. Di hari pertama PKKMB, Dekan FISIP Agus Hadiawan sempat membuka acara dengan memberi sambutan kepada para mahasiswa baru FISIP. Hari kedua PKKMB diisi dengan penampilan beberapa Himpunan Mahasiswa dan Lembaga Kemahasiswaan tingkat fakultas.

‘Bersatu dalam keberagaman’ menjadi tema PKKMB FISIP tahun ini. Tema tersebut, menurut ketua pelaksana PKKMB FISIP Fadel Alien Syah Darmawan (Ilmu Pemerintahan ‘15) diusung  guna mencegah per-kotak-kotak-an antara mahasiswa, Hima, maupun jurusan lain, sehingga semua mahasiswa dan LK dapat bersatu.

“Saya bisa kenal sama kakak tingkat, teman-teman dari jurusan lain dan saya juga bisa tahu lembaga kemahasiswa yang ada di jurusan FISIP,” tutur salah seorang peserta, Yam Cik (Hubungan Masyarakat ‘16). Hal senada juga dikatakan Noor Bintang Ramadhani (Hubungan Internasional ‘16) “Dengan acara ini saya lebih tahu apa yang ada di fakultas saya,” ungkapnya.

Di Fakultas Hukum, PKKMB FH mengusung tema ‘Melalui PKKMB kita wujudkan FH kawasan candimuka mahasiswa baru 2016,’. PKKMB berlangsung sejak pukul 06.00 hingga 15.00 WIB. Ketua pelaksana PPKMB FH Texzi Ananda (Hukum ‘14) mengatakan di hari pertama, agendanya mengenalkan jurusan serta pada dosen FH kepada mahasiswa baru. Di hari selanjutnya diberikan pengenalan LK yang ada di FH.

Texzi menyatakan harapan dari panitia PKKMB tahun ini agar dapat menjalin silaturahmi antara senior, junior, dekanat, dosen, dan mahasiswa baru. “Agar mahasiswa baru mengenal para dosen yang berada di kepala bagian dan mengenalkan Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Fakultas Hukum, sehingga nantinya mahasiswa baru bisa mengikuti salah satu Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Fakultas Hukum,” ujarnya.

Salah seorang maba FH, Fikram Fahri Ramadan (Hukum ‘16) mengatakan banyak mendapat pengalaman dalam mengikuti kegiatan PKKMB tersebut,  selain itu dia juga merasa dilatih kedisiplinan. Sheila Adelia (Hukum ‘16) juga mengatakan hal serupa. “Dengan acara ini saya terbantu untuk menentukan himpunan mahasiswa yang sesuai dengan kemampuan saya,” ungkapnya.

 

Laporan: Tuti Nur K.

Editor: Yola Septika

Shares 0
FOLLOW US ON:
Mahasiswa KKN Unila
Kembalikan Moral Ban

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.