HomeKampusRektor Unila: Mahasiswa Terbaik Bukan Dilihat dari IPK

Rektor Unila: Mahasiswa Terbaik Bukan Dilihat dari IPK

Sedang Berlangsung Talk Show bersama rektor 3 generasi Unila, Rabu (30/5) di masjid Al-Wasii.

“Untuk menjadi mahasiswa terbaik itu bukan dilihat dari IPK,” ujar mantan Rektor Unila periode 2007-2015 Prof. Sugeng P. Harianto. Kalimat itu diucapkannya pada Talk Show Satu Jam Lebih Dekat Bersama Rektor 3 Generasi di Masjid Al-Wasii Unila, Rabu (30/5)

Ia menambahkan, dalam dunia kerja presentase IPK hanya terpakai 50%, sedangkan masa kuliah 25%, dan kegiatan kemahasiswaan 25%. “Oleh karena itu kepemimpinan sangat penting,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Mantan Rektor Unila periode 1997-2007 Prof. Muhajir Utomo. “Mahasiswa jangan hanya berfokus pada kegiatan akademik, tetapi juga yang lain,” ucapnya.

Lain halnya dengan Rektor Unila periode 2015-2019 Prof. Hasriadi Mat Akin. Menurutnya, sepintar apa pun pemimpin jika tidak memiliki integritas tidak akan menjadi apa-apa, karena terdapat kompetensi lain yang harus dibawa ke dunia kerja. “Kontribusi IPK 4.0 itu hanya 17% membangun leadership, yang 83% integritas kejujuran, kesediaan, dan disiplin,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk menjadi pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, mempunyai raga yang prima, dan mempunyai rasa.

Dalam closing statement-nya, Muhajir berharap, untuk mencapai visi Unila menjadi top ten 2025 tidak hanya berjalan dari satu arah. “Semua kegiatan kemahasiswaan harus mendukung itu. Dan tentu Pak Rektor akan melakukan upaya-upaya bagaimana top ten terwujud,” pungkasnya.

Laporan: Hafifah Azahra

Editor.   : Rohimatus Salamah

Shares 0
Sambut Pilkada, BEM
Energi Terbarukan di

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.