HomeKampusRakanila Kenalkan Dunia Penyiaran

Rakanila Kenalkan Dunia Penyiaran

Rakanila Kenalkan Dunia Penyiaran

abc
Teknokra.com:
Unit Kegiatan Mahasiswa Radio Kampus Unila (UKM Rakanila) mengadakan Seminar broadcasting di gedung UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (PKK) Unila, Jumat (8/10). Seminar yang mengusung tema Exploring your capability in the world of broadeasting ini diikuti oleh 70 mahasiswa Unila dari berbagai jurusan.

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dari Rakanila Fair 2016 yang akan dilanjutkan dengan newscasting contest di stasiun penyiaran Radar TV, Sabtu (9/10), dan festival Musik sebagai acara puncak di Pujasera, Way Halim, Selasa (18/10).

Turut hadir Iwan Bardan (Penyiar Radio Sonora) dan Jefri Ardi (Pemimpin Redaksi Radar TV) sebagai pembicara dalam seminar tersebut. Iwan Bardan menyampaikan materi tentang kiat-kiat menjadi penyiar yang baik, yaitu dengan banyak latihan, sering mendengarkan siaran, dan mengetahui berita-berita terbaru.

Sedangkan Jefri Ardi menjelaskan tentang format berita dalam TV, seperti reader yaitu berita sederhana  tanpa disertai gambar melainkan hanya ada presenter, dan voice over yaitu berita yang memuat gambar dengan presenter melakukan dubbing.

“Ada juga namanya Voice over-grafis, beritanya hampir sama dengan voice over. Bedanya voice over disertai grafik, dan package yaitu berita paket, yang mana gambar sudah diedit,” papar Jefri di sela-sela materi.

Sebagai ketua pelaksana, Tika oktavia (Ilmu Komputer ’13) berharap kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini, dapat memberikan pengetahuan kepada peserta serta dapat diimplementasikan secara langsung.

Ninda Hernaini (Pend. Ekonomi ‘16) merasa mendapat pengetahuan baru selama mengikuti materi yang diberikan. Ia pun berpesan untuk kegiatan selanjutnya dapat lebih seru dan ramai.

Laporan : Tuti Nur Khomariyah

Editor     : Rika Andriani

Shares 0
3 Perspektif Literas
Prof. Hasriadi Mat A

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.