HomeKampusPembuatan Script Kunci Film yang Baik

Pembuatan Script Kunci Film yang Baik

dok.

dok.

Teknokra.com: “Pembuatan script film harus berurutan dari membuat genre, ide, tema, premis, sinopsis dan outline film. Script yang baik adalah bagaimana cara-cara sutradara menyampaikan cerita kepada penontonnya secara sistematis, semakin esensinya bisa dirasakan penonton maka semakin baik script itu,” itulah kutipan yang disampaikan oleh Aji Aditya, Sutradara Film Pendek Agus dan Agus sebagai pemateri dalam Workshop Menulis Kreatif di Ruang sidang lantai 2 Grha Kemahasiswaan Unila, Rabu (28/12).
Aji menegaskan hal terpenting dalam membuat sricpt adalah riset dan logis, “Jangan sampai film kita menjadi bahan tertawaan penonton karena kurang riset dan tidak logis,” ujarnya.
Workshop yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa Budaya dan Seni (UKMBS) Unila bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung ini merupakan penutup rangkaian acara ulang tahun UKMBS ke-26.
Kegiatan ini dihadiri oleh siswa SMAN 1 Gadingrejo, SMA 10 Bandar Lampung, dan SMA 1 Negeri Katon, perwakilan UKPM Teknokra dan UKM Zoom unila, serta perwakilan Ukmbs universitas di lampung.
Ayu Kartika Sari, selaku Ketua Umum UKMBS berharap peserta mengetahui cara membuat film yang baik melalui pembuatan scriptnya, “Menambah link festival film juga bagi sutradara muda,” ujarnya.
Dalam workshop ini peserta langsung diminta untuk membuat sinopsis dan mempresentasikannya. Bagi sinopsis terbaik dan presentasi menarik mendapatkan hadiah dari panitia. Selain itu, peserta juga diputarkan film Agus dan Agus karya Aji Aditya yang merupakan satu-satunya wakil Indonesia di perhelatan internasional untuk kategori film panjang dan film pendek Hanoi Internasional Film Festival (HANIFF) pada awal November lalu.
Leli Fertiliana Dea, dosen Tarbiyah Institut Agama Islam Ma’arif Nadhatul Ulama (IAIM NU) Metro mengatakan menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya materi yang disampaikan menambah wawasan dalam drama dan pembuatan film, “Terutama bagi IAIM NU Metro yang tahun depan akan membentuk bengkel tarbiyah, UKMBSnya IAIM NU lah,” Ujarnya.

Laporan: Faiza Ukhti Annisa

Shares 0
Futsal Pererat Silat
Semakin Ketat, Penge

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.