HomeKampusMenulislah, Tak Perlu Menunggu Ilham

Menulislah, Tak Perlu Menunggu Ilham

Prof. Sapardi Djoko Damono sedang menjawab pertanyaan pada sesi diskusi, Senin (27/8).

teknokra.com: “Saya pernah 7 tahun tidak menulis. Pernah semalam menulis 18 puisi. Tidak apa-apa,” ujar sastrawan kenamaan Prof. Sapardi Djoko Damono dalam Seminar Nasional Seni dan Industri Kreatif, Senin (27/8). Baginya, menulis tidak perlu menunggu Ilham. “Ketika ingin menulis, menulislah.”

Menurutnya, sastra yang baik ditulis setelah ada jarak antara penulis dengan apa yang hendak ditulis. “Kalau marah tahan dulu, begitu pun saat jatuh cinta. Jangan langsung nulis karena tulisan itu nantinya jadi cengeng,” ujarnya saat ditanya lebih lanjut. Sastra harus memiliki karakter, bukan sekadar curahan hati penulis semata.

Di dalam fiksi, setiap yang ditulis memiliki nyawa. Terkadang tokoh punya keinginan yang menyimpang dari skenario penulis. Hal ini dituturkannya saat menceritakan Soekram, tokoh utama dalam trilogi Soekram yang ngeyel. Karenanya, penulis tak bisa selamanya memaksakan kehendak. Ini merupakan salah satu hambatan yang membuat proses menulis menjadi lama.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan letak kebebasan karya sastra sebagai daya tarik. ‘Hujan Bulan Juni’ merupakan judul bukunya yang melawan tatanan iklim karena pada dasarnya di Bulan Juni negara tropis mengalami musim kemarau. Itulah yang menjadikannya menarik. “Sebab kalau ‘Hujan Bulan Desember’ terlalu biasa. Orang tak perlu bertanya-tanya,” ungkapnya.

Sebagai akademisi sastra, ia melihat kesalahan yang kaprah dalam memulai kegiatan menulis. Misalnya dalam menulis karya ilmiah, seseorang cenderung lebih dulu menanyakan teori yang dipakai, bukan apa yang hendak ditulis.

“Teori itu ada untuk dibantah agar ilmu pengetahuan berkembang,” lanjutnya. Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan agar kesimpulan dari sebuah tulisan harus bisa dibantah. Sehingga akan terus terjadi perkembangan dari waktu ke waktu.

Laporan : Rohimatus Salamah

0 Shares
Tingkatkan Perekonom
Nasib Singkong di Ta

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.