HomeKampusLKMMTD untuk Magang Rakanila

LKMMTD untuk Magang Rakanila

Foto: Silviana/TEKNOKRA

Foto: Silviana/TEKNOKRA

Teknokra.com: Unit Kegiatan Mahasiswa Radio Kampus Unila (Rakanila) mengadakan acara Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) di Gedung Peternakan Universitas Lampung. Dengan mengusung tema  “Optimalkan Peran Generasi Muda Sebagai Pemimpin Muda yang Berkarakter dan Berkualitas di Masa Depan Menuju Generasi Penuh Aksi” acara ini akan berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (11-12/06).

Hari pertama, Sabtu (11/06), acara ini dihadiri sekitar 30 peserta magang Rakanila, pembina Rakanila, Teguh Budi Raharjo, serta perwakilan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, M.Iwan Satriawan.

Pada hari yang sama juga telah disampaikan 3 materi, yakni materi manajemen konflik, reportase, dan teknik lobi. Materi manajemen konflik disampaikan oleh alumni Ilmu Pemerintahan Fisip Unila, Diki Tantawi. Selama materi, peserta sangat antusias memperhatikan, dan menanggapi contoh-contoh konflik nyata yang disampaikan, bahkan tak segan untuk bertanya.

Diki menyebut, materi ini sengaja ia arahkan pada kasus-kasus ketimbang teori yang hanya akan membuat peserta kebingungan.  Menurutnya manajemen konflik sangat penting dipahami dalam sebuah organisasi. “Dalam sebuah organisasi, konflik itu tidak bisa dihindari”, tegasnya.

Jesi Rakasiwi (Akuntansi ‘14) salah satu peserta, mengungkapkan antusiasmenya terhadap materi manajemen konflik. Ia mengatakan bahwa materi ini dapat membantunya menyikapi masalah.  “Yang saya dapat dari materi ini, saya bisa tau bagaimana cara menyelesaikan masalah, mencegah masalah, dan menjadikan masalah ini bukan sesuatu yang negatif tetapi bisa menjadi acuan untuk perkembangan organisasi yang lebih baik”, ungkapnya.

Senada dengan Jesi, Kristin (Hubungan Internasional ’15), yang awalnya beranggapan acaranya akan sangat membosankan menjadi antusias setelah mendengar penyampaian materi Diki. Ia menyebut materi ini sangat bermanfat untuknya. “Tadinya saya takut kalo ada konflik, tapi setelah dapet materi ini tadi saya jadi lebih berani untuk menghadapi konflik bukan menghindari konflik”, tandasnya.

Materi lain pun tak kalah antusiasnya dari para peserta. Mulai dari materi reportase oleh Rika Andriani dari UKPM Teknokra, hingga materi teknik lobi dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Astra Rosita Sari (Ilmu Komunikasi ‘14) perwakilan dari ketua pelaksana, berharap, acara ini bermanfaat untuk magang yang nantinya akan menjadi pengurus, dan memahami materi yang disampaikan. ” Menurut saya materi ini sangat bermanfaat ya dalam keorganisasian seperti teknik sidang, manajemen konflik. Itu nantinya sangat bermanfaat untuk magang yang akan diangkat menjadi pengurus”, ujarnya.

Acara akan dilanjutkan hari ini, Minggu (12/06) dengang 2 materi tersisa, yakni materi kepemimpinan yang akan disampaikan oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung, dan materi teknik sidang oleh perwakilan DPM.

Oleh: Silviana

Penyunting: Wawan Taryanto

Shares 0
Berkarya Melalui Pro
Lokakarya BEM U, Tak

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.