HomeKampusKKN Unila Sosialisasikan Manajemen Ternak Kambing

KKN Unila Sosialisasikan Manajemen Ternak Kambing

image

Teknokra.com: kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung yang ditempatkan di Desa Umbul Limus, Kecamatan Margapunduh, Kabupaten Pesawaran, Senin (01/2) mengadakan penyuluhan mengenai manajemen pemeliharaan kambing.

Penyuluhan yang dilaksanakan di Balai Desa Umbul Limus ini digagas oleh Yeni Widiawati (Peternakan’12) dan kelompoknya. Ia mengatakan, penyuluhan mengenai manajemen pemeliharaan kambing ini perlu dilakukan karena warga sekitar masih awam mengenai pemeliharaan kambing. Selain karena dirinya berasal dari jurusan peternakan program kerja ini dilaksanakan juga atas permintaan warga. “warga desa baru sekitar dua bulan mendapat bantuan kambing dari Program Keluarga Harapan (PKH) pemerintah dan baru pertama kali memelihara kambing,” imbuhnya.

Dalam penyuluhan tersebut, para warga yang hadir antusias saat mengikuti sosialisasi. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya mengenai cara beternak kambing yang baik. “Mulai dari mengetahui umur kambing, umur kambing siap kawin sampai mengetahui bagaimana kambing birahi,” ceritanya melalui pesan singkat BBM. Dalam penyuluhan manajemen pemeliharaan kambing ini, warga diajarkan bagaimana memilih pakan yang baik, konstruksi kandang, kesehatan, pengolahan limbah dan pemilihan lokasi kandang.

Sosialisasi mengenai manajemen perawatan kambing ini diikuti sekitar 22 warga pekon Umbul Limus. Selain mendapatkan antusias tinggi dari warga, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari kepala desa umbul limus. Dalam sambutannya saat lokakarya, Ismail Alvia berpesan agar para mahasiswa dapat melakukan program kerja yang masuk akal serta bersifat konkret. Yeni berharap usai mengikuti penyuluhan ini warga dapat memelihara kambing dengan baik sehingga hasil ternak yang dihasilkan dapat memuaskan.

0 Shares
Hartono Sebut Organi
Teknokra Kembali Rai

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.