HomeKampusDiskusi Terbuka Pro Kontra RUU P-KS

Diskusi Terbuka Pro Kontra RUU P-KS

 

teknokra.com: Forum Perempuan Barisan Srikandi Lampung menyelenggarakan diskusi terbuka tentang pro kontra Rancangan Undang-Undang  Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di Lapangan Belakang Rektorat Unila, Rabu (13/04). Diskusi ini dihadiri oleh berbagai organisasi, aktifis, maupun para mahasiswa.

Salah satu anggota Back to Muslim Identity (BMI), Hazimah Asma mengaku kontra dengan RUU PKS, menurutnya RUU ini mengandung multi tafsir, seolah-olah melarang, disisi satu tapi melegalkan yang lainnya. “Pada dasarnya Indonesia ini bukan negara yang berdasarkan syariat islam. Padahal dalam islam, seluruh tingkah laku tindak tanduk dan seluruh aspek kehidupan yang lainnya diatur sedemikian rupa,” jelasnya.

Berbeda dengan Hazimah, Adis Zaimasuri (Ilmu Komunikasi ’13) salah anggota Himpunan Mahasiswa Islam Wati (Kohati) mengatakan argumen yang dibangun hanya sebatas kerancuan mengenai definisi kekerasan seksual saja. Lebih rinci di pasal 11 bahwa ada kata pemaksaan.

“Pemaksaan disini mereka maknai bahwa kalau tidak ada pemaksaan artinya suka sama suka maka negara melegalkan poin-poin tersebut. Seakan akan definisi tersebut melegalkan zina dan bertentangan dengan nilai islam. Padahal kalau kita cermati, adanya kata pemaksaan disitu bukan dinegasikan sebagai persetujuan suka sama suka tapi konteksnya adanya tindak sewenang-wenang memperlakukan tubuh orang lain sebagai objek yang banyak terjadi pada perempuan,” jelasnya.

 

Laporan : Aghnia N.A.

Editor : Tuti Nurkhomariyah

0 Shares
ESo RAIH DUA MEDALI
UKM KSR PMI Unila Be

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.