HomeKampusCek Fakta dengan Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene

Cek Fakta dengan Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene

teknokra.com: Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung bekerja sama dengan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Indonesia dan Google News Initiative mengadakan Workshop “Hoax Busting and Digital Hygiene” di Gedung Rektorat lantai 4 Universitas Lampung, Sabtu (21/09). Workshop ini menampilkan 2 pemateri yaitu Dian Wahyu Kusuma, Sekertaris AJI Bandarlampung dan Ibrahim Arsyad, Trainer dari Google News Initiative.

Kalista Setiawan (Ilmu Komputer ’15) selaku Pemimpin Usaha Teknokra mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya workshop ini yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa yang hidup di jaman milenial seperti saat ini agar tidak mudah termakan dengan berita berita yang ada di media, “Informasi dalam media sosial itu ada yang hoax dan ada juga yang benar, nah dengan ini kita ingin memberikan kesadaran kepada mahasiswa untuk mengetahui informasi tersebut secara terperinci, apakah informasi itu benar atau tidak,” ungkapnya

Dian Wahyu Kusuma selaku pemateri, juga meberikan tips agar mahasiswa tidak mudah percaya pada informasi yang beredar di media, “Pertama, kita harus tahu bagaimana konteks dalam berita tersebut dan jangan mudah percaya. Kedua, verifikasi berita tersebut bagaimana cara mengecek apakah foto beserta artikel yang beredar dalam media tersebut asli atau hasil editan,” ujarnya.

Laporan: Anissa Diah P

Editor: Mitha Setiani Asih

0 Shares
Hera Diana: Mengobje
Ribuan Mahasiswa Lak

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.