HomeKampusHasriadi Mat Akin: Teknokra Jangan Berpedoman Bad News Is A Good News

Hasriadi Mat Akin: Teknokra Jangan Berpedoman Bad News Is A Good News

Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin saat menyampaikan sambutan dalam acara Pelantikan Kepengurusan Baru UKPM Teknokra 2016, (12/11). Foto: Fajar Nurohmah

Rektor Unila, Hasriadi Mat Akin saat menyampaikan sambutan dalam acara Pelantikan Kepengurusan Baru UKPM Teknokra 2016, (12/11). Foto: Fajar Nurohmah

Teknokra.com: Kontrol sosial dalam dunia kampus menjadi bagian penting yang tak terpisahkan. Kebijakan rektorat, proses akademik, dan kegiatan kampus lainnya mesti medapatkan tanggapan untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan.

Pers mahasiswa sebagai salah satu agen kontrol sosial dalam dunia kampus harus berani memberitakan kebijakan-kebijakan kampus. Mulai dari kegiatan, administrasi, pribadi mahasiswa maupun dosen, serta staf dan jajaran pimpinan kampus tidak boleh luput dari pemberitaan.

Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra pun demikian. Sebagai pers mahasiswa yang berada di Universitas Lampung, tentu Teknokra memberitakan segala peristiwa yang terjadi di Unila. Meski tak menutup kemungkinan untuk memberitakan berita luar kampus Unila, seperti halnya berita daerah Lampung.

Namun, meski menjadi agen kontrol sosial kampus, pers mahasiswa tak mesti melulu mengkritisi kebijakan dan sisi buruk kampus. Sebagaimana rektor Unila, Prof. Hasriadi Mat Akin sampaikan dalam sambutannya pada pelantikan pengurus baru UKPM Teknokra (12/1), prestasi dan sisi positif kampuspun harus diberitakan kepada khalayak. ”Pers mahasiswa mempunyai posisi yaang sangat strategis dalam pemberitaan kampus. Apa yang diberitakan itu bisa mempengaruhi pendapat masyarakat tentang kampus. Maka selain mengkritisi, juga harus memberitahukan prestasi baik kampus, agar masyarakat mengenal kampus dengan baik,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Teknokra sebagai pers mahasiswa, tentu harus menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertanggungjawab atas pemberitaan, dan berimbang. Ia menganggap, selama ini Teknokra lebih banyak memberitakan sisi negatif Unila “Pemberitaan pers mahasiswa harus berimbang, Teknokra jangan menjadikan pedoman banews is the good news. Berita negatif justru menjadi sasaran pemberitaan karena dianggap bombastis atau wahh,” lanjutnya.

Hasriadi berharap di kepengurusan baru tahun ini, Teknokra mampu menjadi agen kontrol sosial sekaligus penyuara kampus Unila dengan lebih baik. “Semoga tahun ini, Teknokra mampu memberitakan prestasi kampus lebih baik. Karna masyarakat berhak mengetahui berita baik dari Unila,” tuturnya menutup sambutan.

Laporan : Tuti Nur Komariyah

Editor : Wawan Taryanto

Shares 0
Upayakan Peningkatan
Sambut Wakil Rektor

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.