HomeKampusRektor Unila: Organisasi Mahasiswa Sangat Penting

Rektor Unila: Organisasi Mahasiswa Sangat Penting

Foto: Trias Suci Puspa Ningrum

Foto: Trias Suci Puspa Ningrum

Teknokra.com: Masalah degradasi minat mahasiswa terhadap organisasi mahasiswa menjadi masalah yang cukup serius. Selain kurangnya produktivitas organisasi, kurangnya penguasaan soft skill dan pembentukan karakter bagi mahasiswa juga menjadi masalah tersendiri.

Padahal keberhasilan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja lebih dipengaruhi oleh karakternya.

Sebagaimana disampaikan oleh rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin dalam sambutannya pada acara pelantikan kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Unila, keberhasilan mahasiswa dalam dunia kerja, 80% berasal dari karakter yang dibentuk dalam organisasi, dan hanya 20% dari indeks prestasi (IP). Mulai dari karakter emotional precent yang dapat mengembangkan kemampuan kerjasama dan problem solving yang baik, sampai karakter intuisi precent yang dapat meningkatkan kepekaan dalam menghadapi masyarakat, didapat dalam organisasi. Sehingga organisasi menjadi sangat penting bagi mahasiswa. Menurutnya, organisasi kampus merupakan bagian dari akademik, oleh karena itu Rektor baru Unila tersebut akan sangat mendukung mahasiswa yang aktif berorganisasi

Mengenai degradasi minat berorganisasi mahasiswa, ia menyampaikan akan bekerjasama dengan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni untuk menganalisis penyebabnya sehingga dapat kembali meningkatkan minat mahasiswa dalam berorganisasi. Namun disamping itu, ia mengingatkan kepada mahasiswa agar memiliki tujuan berorganisasi yang jelas. “Sebaiknya mahasiswa memiliki tujuan yang jelas. Sehingga laju organisasi tidak terkendala dan tidak memberikan dampak buruk bagi anggota yang lain,” jelasnya.

Laporan: Trias Suci Puspa Ningrum

Editor : Wawan Taryanto

Shares 0
Ayu Kartika Sari, Na
UKM Fotografi Zoom H

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.