HomeKampusUnila Belum Kenal Opac

Unila Belum Kenal Opac

Foto: Repro Internet

Foto: Repro Internet

Teknokra.com: Jika ingin mengakses buku atau karya ilmiah kini tak perlu lagi pergi jauh ke perpustakaan. Karena kini, telah ada opac. Opac merupakan perpustakaan online, yang dapat membantu menemukan buku,skripsi, tesis, dan karya ilmiah lainnya yang ada di perpustakaan pusat maupun perpustakaan jurusan di Unila.

Menurut Suryoto, koordinator pengolahan bahan pustaka, selain murah Opac dapat diakses dimana saja, dengan cara mengklik opac.unila.ac.id lalu mengikuti petunjuk selanjutnya. Opac memiliki suatu program yang bernama Senayan, yang dapat mencegah plagiat atau penggandaan skripsi. Senayan kini sudah berkembang jauh. Ia tak hanya menampilkan data buku, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, buku elektronik dan video.

Sebenarnya program ini telah berkembang sejak tahun 2007, penggunaannya kini sudah digunakan oleh 205 perpustakaan di Indonesia. Tapi Unila ketinggalan, program ini baru masuk pada bulan bulan Oktober 2011. Namun hingga kini launching Opac belum juga dilaksanakan karena keterbatasan sumber daya manusia, ujar Suryoto.

Dia mengharapkan pihak rektorat dapat membantu penambahan hardware maupun pengadaan pelatihan program ini sehingga program ini bisa segera digunakan oleh Mahasiswa maupun Dosen Unila.

Laporan: Desfi

 

Shares 0
BEM-FT Tingkatkan So
Raup Untung Lewat Ko

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.