HomeKampusAkreditasi Fokus pada Program Studi

Akreditasi Fokus pada Program Studi

Pendaftaran SNMPTN sudah mulai dibuka. Sejak tanggal 02 Mei Unila sudah menerima pendaftaran untuk mahasiswa baru yang dilakukan secara on-line.

Teknokra.com: Unila pernah menyandang akreditasi C pada tahun 2009 setelah dilakukan penilaian di tingkat universitas oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Namun sistem penilaian tingkat universitas di seluruh Indonesia kini sudah tak berlaku. “Sekarang (2011) akreditasi fokusnya program studi, bukan universitas lagi, akreditasi perguruan tingginya dihentikan,” ujar Pembantu Rektor I, Prof Hasriadi Mat Akin.

Sistem penilaiannya juga berbeda dari yang sebelumnya kualitatif kini bersifat kuantitatif. ”Sudah bersifat kuantitatif,” ujar Sutikno selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Penjaminan Mutu Universitas (UPT-PPMU) Unila.

Sutikno menjelaskan, setidak­nya ada tujuh aspek standar penilaian yang dilakukan oleh BAN PT dalam menetapkan akreditasi­ di masing-masing PS atau ju­­­ru­s­­an yang ada di Unila.

Selain tujuh standar tersebut, dua aspek lain yang juga menjadi bahan pertimbangan adalah evaluasi dari pihak PS/jurusan dan ki­nerja fakultas.

Apabila skor akhir mancapai skor 361-400, maka PS atau jurus­an berhak memperoleh akreditasi A. Namun, apabila skor akhir­nya 301-360, maka PS/jurusan tersebut memperoleh akreditasi B. Adapun akreditasi C diberikan apabila skor akhir penilaian berkisar 200-300. Suatu PS/jurus­an juga dapat dikatakan ‘belum terakreditasi’, yaitu apabila skor akhir penilaian di bawah 200.

Sutikno menga­takan, agar akreditasi PS/jurusan di Unila dapat lebih baik, bukan hanya menjadi tugas rektor dan dosen saja, tapi juga tugas seluruh civitas akademika Unila, termasuk mahasiswa.

0 Shares
Life Style-Mu
Memaknai Helatan Sin

vinaoktavialampung@gmail.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.