HomeKampusFakultasRawat Keberagaman Indonesia di Era Millenial

Rawat Keberagaman Indonesia di Era Millenial

teknokra.com: Peringati hari jadi ke 33 tahun, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lampung menggelar orasi ilmiah di Gedung D Lantai 3, Selasa, (22/10). Orasi ini mengusung tema ‘Agenda dan Peran Ilmu-Ilmu Sosial dalam Merawat Keberagaman Indonesia di Era Millenial’.

“Generasi millenial cenderung unik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Keunikan  terletak pada penggunaan teknologi dan budaya pop/musik yang sangat kental. Penggunaan teknologi internet yang massif ini, perlahan menggeser perilaku masyarakat, khususnya dalam berkomunikasi dengan orang lain,” tutur Sindung Haryanto.

Ia menambahkan, tantang yang dihadapi bangsa ini kedepan dalam merawat keragaman akan semakin berat. “Permasalahan yang berpotensi mendisintegrasikan bangsa Indonesia seperti corak bhineka tunggal ika sebagai lambang negara yang menekan komposisinya pada keanekaragam suku bangsa, sistem nasional yang otoriter-militeristis dan korup dalam segala aspek, dan corak masyarakatnya yang tidak demokratis walau diakui sebagai demokratis,” jelasnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sindung mengatakan proses pembentukan dan penguatan nation bulding merupakan agenda penting yang harus dibina dan ditumbugkan. “Agenda besar tersebut seperti pengembangan public sphere baik offline maupun online, pengembangkan sistem, metode, strategi pembelajaran, modul serta kurikulum pendidikan multikulturalisme,” pungkasnya.

Laporan: Tuti Nurkhomariyah

0 Shares
Forkom UKM Unila Tol
HMJPBS Selenggarakan

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.