HomeKampusFakultasPelatihan E-Journal Mahasiswa Agribisnis Unila

Pelatihan E-Journal Mahasiswa Agribisnis Unila

Foto: Ayu Yuni A.

Foto: Ayu Yuni A.

Teknokra.com: Sebanyak 90 peserta yang merupakan mahasiswa Jurusan Agribisnis angkatan 2012, mengikuti pelatihan e-journal, di Ruang D 302, Pada Minggu, 30 April 2016. Pelatihan yang bertema “Menolak Plagiarisme Melalui Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah, Kreativitas, dan Daya Saing Mahasiswa” ini dihadiri oleh Dr. Fembriati Erry Prasmatiwi (Ketua Jurusan Agribisnis), Dr. Yaktiworo Indriani (Ketua Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis), Ir. Indah Nurmayasari (Sekertaris Jurusan) dan beberapa dosen yang tergabung dalam Tim Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis (JIIA).

Ketua umum Himaseperta yang diwakili oleh Annisa Parastri (Agribisnis ’12), mengaku kegiatan tahunan ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa tingkat akhir yang hendak menulis jurnal ilmiah. Dalam sambutannya, Annisa juga mengemukakan bahwa sertifikat pelatihan, nantinya akan digunakan sebagai syarat pengajuan pembuatan jurnal skripsi mahasiswa agribisnis. 

“Harapannya, agar semua bisa membuat jurnal dengan baik dan dapat diakses masyarakat luas sehingga bermanfaat bagi banyak pihak,” ujar Annisa berharap.

Pelatihan ini menjadi tindak lanjut dari surat edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012, tentang publikasi jurnal ilmiah mahasiswa S1, S2, dan S3. Dalam edaran tersebut, mahasiswa program Sarjana (S1) harus menerbitkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah, mahasiswa program Magister (S2) harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal nasional yang terakreditasi Dikti, dan makalah yang terbit pada jurnal internasional bagi mahasiswa program Doktor (S3).

Dr. Fembriati Erry Prasmatiwi, selaku ketua jurusan, mengatakan bahwa, sejak 2012, jurusan agribisnis sudah membentuk JIIA sebagai wadah menerbitkan jurnal mahasiswa agribisnis. Ia berharap mahasiswa dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga paham dengan pembuatan jurnal sebagai salah satu syarat kelulusan. “Salah satu keuntungan bagi mahasiswa, dapat menjadi referensi pengalaman menulis dalam CV,” ujarnya mengakhiri.

Oleh: Ayu Yuni A.

Shares 0
FOLLOW US ON:
Bangun Jiwa Sehat De
UKM Katolik Rayakan

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.