HomeKampusFakultasMahasiswa Kehutanan Beri Penyuluhan Hama dan Penyakit Tanaman

Mahasiswa Kehutanan Beri Penyuluhan Hama dan Penyakit Tanaman

teknokra.com: (16/11) Mahasiswa Kehutanan Fakultas Pertanian (FP) Unila melakukan kegiatan penyuluhan di Desa Cugung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Kegiatan  ini mengusung tema “Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kopi” dengan sasaran para penggarap lahan kopi di kawasan KPHL Rajabasa Way Pisang Batu Serampok. Penyuluhan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kegiatan budidaya kopi yang dilakukan oleh masyarakat terutama pada kualitas dan kuantitas hasilnya.

Ketua pelaksana Adit Alfa Reza (Kehutanan’17) mengatakan bahwa penyuluhan ini dilakukan untuk menyebarkan informasi dan menambah pengetahuan masyarakat terkait hama dan penyakit pada tanaman kopi yang sebelumnya belum di ketahui secara luas oleh masyarakat. Dampak negatif dari hama dan penyakit yang menyerang kopi sangat berdampak pada kualitas dan kuantitas kopi.

“Kami berusaha memberikan informasi dan pengetahuan terkait hal tersebut melalui kegiatan ini. Dalam kegiatan ini nantinya akan diperkenalkan jenis-jenis hama dan penyakit serta cara penanggulangannya. Saya berharap nantinya informasi dan pengetahuan yang telah diberikan dapat diterapkan oleh masyarakat disini,” ujarnya.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang dan dilanjutkan dengan doa dan sambutan-sambutan. Materi yang disampaikan pada penyuluhan ini adalah materi yang terkait dengan jenis-jenis hama dan penyakit yang ada pada tanaman kopi, ciri-ciri serta cara pengendaliannya.

Contoh jenis hama dan penyakit tanaman kopi ini diantaranya adalah kutu hijau, wereng dan karat daun yang dapat di kendalikan dengan melakukan pemangkasan serta penggunaan insektisida nabati. Turut dihadiri oleh beberapa pihak terkait seperti Kepala Desa Cugung, Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD), Dosen Jurusan Kehutanan Unila serta perwakilan dari KPHL Rajabasa Way Pisang Batu Serampok.

Rilis

0 Shares
Aklamasi Dalam Pemir
BEM FMIPA Unila Adak

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT