HomeKampusFakultasKembangkan Nasionalisme dengan Olimpiade

Kembangkan Nasionalisme dengan Olimpiade

Foto: Arif Sabarudin

Foto: Arif Sabarudin

Teknokra.com: Menciptakan generasi cerdas dan memiliki nasionalisme tinggi, jadi salah satu tujuan diadakannya olimpiade Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  oleh Program studi  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Unila, Sabtu-Minggu (26-27/3). Acara yang diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unila ini mengambil tema “Melalui Implementasi Nilai-nilai Pancasila Kita Kembangkan Generasi Bangsa  Cerdas Yang Berkarakter, Berprestasi, Dan Sportif”.  Didanai oleh Mahkamah Konstitusi (MK), acara ini memiliki sembilan cabang lomba antar siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Lomba membaca puisi, lomba mewarnai, dan pidato bagi peserta SD, sedangkan siswa SMP mempertandingkan lomba pidato, menulis portofolio, dan lomba cerdas tangkas (LCT) PPkn. Untuk tingkat SMA, terdapat lomba LCT, menulis esai, dan debat.

Reza Fatah Rohman, peserta LCT dari MAN 1 Metro mengaku cukup senang dengan kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa olimpiade PPKn dapat menambah rasa nasionalisme dan wawasan politik. Namun, ia menyayangkan dengan kurangnya penjelasan lomba oleh panitia. “Saya harap panitia dapat lebih siap lagi dalam menghadapi segala kemungkinan, dan menjelaskan lebih baik agar peserta tidak kebingungan,”ujarnya.

Siti Khotijah (PPKn ’13) mengiyakan kekurangan yang dilakukan oleh panitia. Ia mengungkapkan bahwa selama empat bulan persiapan, ia cukup direpotkan dengan waktu liburan. “Tidak ada orang yang datang rapat selama liburan, jadi cukup sulit mempersiapkan,” keluhnya. Namun Khotijah berharap, kegiatan ini mampu menambah wawasan dan nasionalisme peserta, memepererat silaturahmi antara mahasiswa dan dosen PPKn, dan dapat berlanjut di tahun berikutnya.

Laporan: Arif Sabarudin

Editor: Wawan Taryanto

0 Shares
Agribisnis Tambah Ma
Seminar FT: Pendidik

fakmalaysia@gmail.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.