HomeKampusFakultasFMIPA Upgrade Sistem Parkir

FMIPA Upgrade Sistem Parkir

Foto: Alfany Pratama Fauzi
Foto: Alfany Pratama Fauzi

Foto: Alfany Pratama Fauzi

Teknokra.com: Pembenahan sistem perparkiran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dari manual ke elektrik mulai diterapkan 11 April mendatang. Sebelumnya, sejak 8 Maret, Dekan FMIPA Prof. Suharso telah menyosialisasikan kepada seluruh sivitas FMIPA dan memulai uji coba menggunakan tombol buka-tutup otomatis.

Satpam FMIPA Muhammad Saleh mengatakan sistem parkir elektrik memerlukan kartu parkir yang akan digunakan untuk keluar masuk kendaraan melalui plang otamatis. Untuk mendapatkan kartu tersebut, mahasiswa diharuskan mendaftar terlebih dahulu di loket dekanat FMIPA dengan membawa fotokopi KTM, SIM, STNK, dan bukti pembayaran UKT terakhir. Namun, tambah Saleh, jika kartu tersebut hilang, mahasiswa diwajibkan melapor ke dekanat dan dikenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp.250.000,-.

Menurut Saleh sistem parkir yang baru diterapkan ini akan lebih memperketat keamanan karena hanya mahasiswa FMIPA dan orang-orang yang berkepentingan yang dapat melewati plang elektrik tersebut. “Tidak sembarang orang dapat masuk ke FMIPA bila ia tidak ada kartu parkir elektrik. Apabila dipaksakan masuk, harus izin kepada kami dengan jelas bila perlu membawa surat perihal,” tuturnya.

Muhammad Isni selaku satpam FMIPA menuturkan hal senada oleh Saleh. Menurutnya jika pembenahan parkir yang dilakukan bertujuan untuk mempersempit aksi pelaku pencurian motor di lingkungan tersebut. “Penggunaan parkir elektrik seperti ini yang pelaku curanmor berpikir dua kali untuk menjalankan aksinya,” tuturnya.

Dari pemantauan Teknokra, sistem parkir elektrik ini memiliki satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Pintu masuk parkir terdapat di depan Laboratium Fisika sedangkan pintu keluar terletak di jalur perempatan FMIPA-FKIP.

“Lebih aman tetapi terkadang dengan sistem seperti ini kalau lagi ramai dan ingin buru-buru terkena macet karena antri disaat pintu masuk maupun pintu keluar parikiran,” ujar Ardina Intan (Ilmu Komputer ’14). Lain dari Ardina, Muryadi (Kimia ’15) merasa diuntungkan dengan diterapkannya sistem parkir elektrik. “Tenang saja dengan sistem parkir baru ini walaupun sore hari bahkan malam hari. Biasanya kalau dulu was-was dan gelisah sekarang lumayan mengurangi kegelisahan itu,” katanya.

Oleh: Alfany Pratama Fauzi

Editor: Yola Septika

Shares 0
FOLLOW US ON:
Siti Maishita, Pemim
Cari Bibit Baru, Rad

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
2 COMMENTS
  • Christine / 7 April 2016

    FISIP kapan nyusul?

  • yuliana kurnia s / 7 April 2016

    Keren nih berita untuk sebagai percontohan di fakultas lain memperketat keamanan