HomeKampusGoresan Imajinasi, Ganto Ajak Hasilkan Karya Fiksi

Goresan Imajinasi, Ganto Ajak Hasilkan Karya Fiksi

“Jangan bermimpi menjadi penulis yang handal kalau kamu bukan pembaca yang tekun,” itulah yang disampaikan Mahdiyan Novita M. Z dalam seminar nasional Kepenulisan Novel di Aula Pascasarajana Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu (1/10). Seminar yang bertema “Goresan Imajinasi Hasilkan Karya Fiksi” itu menghadirkan dua penulis nasional, Muhammad Subhan dan Mardhiyan Novita M. Z.

Dian berkisah bahwa memang gemar membaca dan menulis sejak sekolah dasar. Kegemarannya juga mulai disadari oleh orangtua yang kemudian mendukungnya hingga sekarang. Dalam seminar, Dian berpesan agar mahasiswa tidak setengah-setengah dalam menekuni sesuatu, “Orang cerdas itu bisa melihat peluang lebih cerdas, sedangkan orang pemalas akan lebih melihat hambatan,” ujarnya

Muhammad Subhan yang juga salah satu pembicara menceritakan kisah hidupnya yang berasal dari keluarga kurang mampu, setelah sang ayah meninggal tekadnya semakin kuat untuk merubah kondisi ekonomi keluarga. Dengan segala keterbatasan ekonomi, Subhan tak menyerah. Ia yang gemar membaca terus membaca buku di perpustakaan daerah dan selalu ingin nanti koran gratis. Kemudian ia mulai menulis dan rutin mengirimkan karyanya ke surat kabar.

“Selain ingin membahagiakan ibu, saya yakin dari tulis menulis itu saya mendapat uang. Ketika saya menulis tujuannya adalah bisa memberi manfaat bagi setiap orang,” imbuhnya.

Subhan berpesan agar mahasiswa dan pemuda manfaatkan media dan fasilitas yang ada untuk menghasilkan karya yang lebih hebat. Menurutnya, membuat novel itu akan lebih mudah jika yang dituliskan adalah cerita sang penulis agar cerita bisa hidup.

Peserta yang hadir tampak antusias bisa dilihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan seperti misalnya Muhammad David yang ingin mengetahui trik agar tidak kehabisan ide dalam menulis.

Subhan menjelaskan kebuntuan ide biasanya disebabkan karena kurang membaca, kurang menguasai tulisan dan tidak paham apa yg harus ditulis.”Ketika jenuh saya tutup buku, tutup laptop dan menghadiri pertemuan-pertemuan, ketika masih jenuh maka saya melakukan perjalanan,” ujarnya.

Tutut hadir dewan pembina SKK Ganto, Prof. Hermanto dan 27 orang perwakilan Lembaga Pers Mahasiswa se-indonesia.

Shares 0
Teknokra Rekrut Angg
Sambut Pilkada 2018,

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.