HomeKampusFakultasFMIPA Gelar KWI Bersama Dahlan Iskan

FMIPA Gelar KWI Bersama Dahlan Iskan

Teknokra.com:  Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung mengadakan kuliah umum di Gedung Serba Guna (GSG), Kamis (21/1).

Acara yang bertema “Bangkitkan Jiwa Saintis Muda, Mengabdi dari Desa untuk Indonesia” tersebut, menghadirkan Prof.  Dahlan Iskan dan Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardho sebagai pemateri. Kuliah umum tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Karya Wisata Ilmiah (KWI) yang merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa baru FMIPA kepada masyarakat.

Kegiatan KWI diadakan sebanyak dua kali dengan konsep indoor dan outdoor. Indoor dilakukan bersamaan dengan kuliah umum yang berlangsung. Sedangkan outdoor diselenggarakan selama satu minggu pada Rabu-Minggu (26-31/1), di Desa Batu Tegi, Tanggamus. Nantinya, mahasiswa akan melakukan pengabdian yang berkaitan dengan kegiatan sosial dan keilmuan. Hal ini juga dimaksudkan agar mahasiswa tidak terlalu kaget saat hendak melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Menurut Prof. Dahlan Iskan, masyarakat termiskin dan tertinggal banyak terdapat di desa sehingga wajar pembangunan seharusnya dimulai dari masyarakat desa. “Sebenarnya masyarakat yang tidak dibantu dan didukung pemerintah sudah bisa maju sendiri. Tapi memang seharusnya pembangunan pemerintah  mendorong mereka yang tertinggal dan miskin,” ucapnya. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Karomani mengutarakan harapannya agar mahasiswa mau mengabdi untuk desa. “Karena di situlah tempat kita mengabdi kepada Indonesia,” tambahnya.

Menurut Gubernur BEM FMIPA, Khoirul Anwar (Kimia ’12), kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa baru mendapat inspirasi dan motivasi yang harus di upgrade melalui orang berpengalaman  yang lama berkecimpung di masyarakat. “Minimal mendapatkan pembelajaran yang belum pernah dirasakan karena mayoritas dari kota. Mereka harus siap dalam kehidupan apa pun,” pungkasnya. Ia berharap seluruh peserta khususnya mahasiswa baru mendapat ilmu dan dapat mengamalkannya di masyarakat.

Laporan: Luvita Wilya Henri

Editor : Ayu Yuni Antika

Shares 0
Rakanila Targetkan I
Frieda Amran : Jatuh

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.