HomeRagamZona AktivisAliansi Gerakan 28 September Menolak Lupa Tragedi UBL Berdarah

Aliansi Gerakan 28 September Menolak Lupa Tragedi UBL Berdarah

Teknokra.com : Aliansi Gerakan 28 September Mahasiswa Lampung (G28SML) menggelar diskusi publik mengenang tragedi UBL berdarah di Grha Kemahasiswaan Universitas Lampung, Kamis siang, 28/9/2017.

Diskusi bertema “Melawan Lupa 18 tahun tragedi UBL Berdarah: Usut tuntas dan adili pelaku pelanggaran HAM wujudkan demokrasi sejati” tersebut menghadirkan Muhamad Ilyas dari Lembaga Bantuan Hukum Bandarlampung serta Juwendra Asdiansyah, Pemimpin Redaksi duajurai.co yang saat kejadian selaku Pemimpin Umum Teknokra tahun 1999.

Selain berdiskusi, pemutaran video dokumenter tragedi yang terjadi pada 28 September 1999 juga ditayangkan.

Ketika itu terjadi aksi demonstrasi massa penolakan RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya (PKB) dan pencabutan Dwifungsi ABRI yang digelar di Universitas Bandar Lampung. Tak beberapa lama kemudian aksi ini tidak diindahkan hingga terjadinya bentrok antara mahasiswa Lampung dan ABRI. Tragedi tersebut menewaskan dua orang mahasiswa Unila yaitu Muhamad Yusuf Rizal (Sosiologi) sedang melakukan aksi dan Saidatul Fitria (Bahasa Inggris) yang sedang meliput aksi tersebut.

Juwendra Asdiansyah menyayangkan banyak mahasiswa Lampung yang masih belum tau tragedi tersebut. Berita yang tersebar juga banyak memiliki referensi berbeda. “Masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui tragedi tersebut,” ujarnya.

Menurut Muhammad Ilyas selaku perwakilan Lembaga Badan Hukum, kasus ini harus diselesaikan baik dari pihak pemerintah maupun pihak kampus masing-masing. Dia mengapresiasi kegiatan peringatan seperti ini. “Langkah konkret dalam melawan lupa tragedi UBL ini, harus trus dilaksanakan,” ujar Ilyas.

Laporan : Rilis

Shares 0
Kenang UBL Berdarah,
Teknokra Rekrut Angg

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.