HomeCitizen JurnalismSambut Pilkada 2018, Media Harus Netral dan Independen

Sambut Pilkada 2018, Media Harus Netral dan Independen

 

Teknokra.com: Selasa (3/10) Dewan Pers menggelar workshop media di Lampung “Menjaga Independensi Media dalam Memberitakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018”. Kegiatan yang diadakan di Hotel Emersia, Bandar Lampung tersebut diikuti perwakilan wartawan dari berbagai media cetak, online, radio, serta televisi di Lampung. Workshop ini juga dihadiri Fatikhatul Khoiriyah (Ketua Banwaslu Provinsi Lampung), Jimmy Silalahi (Anggota Dewan Pers) sebagai pembicara, humas polri, humas pemda dan humas pemprov.

Yosep Adi Prasetyo (Ketua Dewan Pers) mengungkapkan media menjadi salah satu kunci pilkada agar tetap tenang. Menurutnya provinsi Lampung menjadi salah satu daerah yang berpotensi ricuh dalam Pilkada 2018. Ia menambahkan selain Lampung, ada juga Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur juga berpotensi besar terjadinya kericuhan pilkada.

Jika nantinya terbukti ada media yang melanggar, Dewan Pers akan menindaklanjuti media tersebut sesuai dengan Undang-Undang nomer 40 tahun 1999. Tak hanya workshop, di akhir acara nantinya wartawan akan membuat deklarasi masyarakat pers Lampung dalam menjaga independensi media meliput Pilkada.

Yosep mengharapkan media dapat serius meredam dan menjaga kontestasi janji-janji pemilu agar pemilih dapat memilih pemimpin yang sesuai. “Boleh pemilu gaduh tapi jangan sampai media pers menambah kegaduhan,” ungkapnya.

Laporan : Fajar Nurrohmah

Shares 0
Goresan Imajinasi, G
Walikota Sawah Lunto

admin@teknokra.com

Kami adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang peliputan, penelitian, dan penerbitan berita, baik berita kriminal, prestasi, ekonomi, ataupun berita-berita lain dalam bentuk straight news maupun feature, tulisan maupun animasi dan video. Nama lengkap kami adalah Unit Kegiatan Penerbitan Mahasiswa (UKPM) Teknokra Universitas Lampung. Berkedudukan di Universitas Lampung, sehingga artikel kami lebih mengenai Universitas Lampung, dan Lampung.

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.